Air Terjun Watu Lawang Probolinggo, sebuah petualangan yang mengasyikkan

Air terjun Watu Lawang Probolinggo

Air terjun Watu Lawang Probolinggo. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Destinasi wisata berikut memang belum banyak diketahui keberadaannya oleh para wisatawan.

Disamping karena kurangnya sosialisasi dan promosi, destinasi wisata ini berada pada tempat tersembunyi. Dan tentunya membutuhkan tenaga, kesabaran juga jiwa petualang yang cukup untuk bisa menemukan wisata air terjun Watu Lawang Probolinggo.
air terjun watu lawang probolinggo | Bromo expedition

Pesona Air terjun Watu Lawang Probolinggo

Dinamakan seperti itu dikarenakan tempat wisata alam ini berada diantara kanan kiri tebing nan menjulang, dan pada saat akan memasuki tempat ini kita akan menemukan semacam pintu masuk atau orang jawa menyebutnya dengan "Lawang". Sehingga masyarakat sekitar menamakannya "Watu Lawang".

Sama halnya seperti keberadaan Air terjun Umbulan pada postingan sebelumnya, tempat wisata berikut sampai sekarang masih belum terjamah dan terkelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Untuk parkir saja kita harus menitipkan ke rumah warga. Sedangkan untuk sampai ditempat wisata juga dibutuhkan perjuangan ekstra dan sangat menantang.

Namun jangan khawatir, dalam perjalanan menemukan tempat wisata ini anda akan mendapati beberapa air terjun lain yang tak kalah kerennya, dan pastinya tidak akan membuat petualangan anda menjadi semakin menarik dan tidak terasa membosankan.


Rute menuju Air terjun Watu Lawang Probolinggo

Masih satu jalur dengan jalan raya menuju wisata gunung Bromo dari arah Probolinggo, ketika sampai di dekat SMKN 1 Sukapura terdapat sebuah gang kecil disebelahnya, dan kita harus menitipkan kendaraan pada masyarakat didekat kawasan tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan turun ke bawah untuk menyusuri pinggiran sungai. Dari tempat parkir menuju sungai bisa memakan waktu sekitar 15 - 20 menit tergantung kondisi. Jalan yang kita lalui merupakan jalan yang biasa dipakai oleh penduduk sekitar ketika akan menuruni sungai.

Ketika sampai disungai, jika menyusuri searah arus akan kita temui air terjun kecil yang dinamakan Triban, jika melawan arus sungai maka akan kita dapati air terjun Watu Lawang.

Tak selang beberapa menit kemudian kita bertemu dengan sebuah air terjun lagi yang tidak terlalu besar, masyarakat menyebutnya Kedung Amis. Kemudian sesudah itu kita akan bertemu dengan persimpangan / pertemuan 2 sungai dimana jika memilih arah kiri merupakan jalan menuju air terjun tujuan kita, jika kekanan arah menuju air terjun Sumber Pakis II.

Setelah beberapa waktu akan kita dapati sesuatu mirip jembatan, itulah yang oleh masyarakat sering disebut dengan "Lawang", lalu dibalik tebing tersebut barulah kita dapati air terjun Watu Lawang.

Kami sarankan jika pergi ketempat wisata ini usahakan pada saat pagi hari, jadi waktu kembali tidak terlalu sore. Dan juga kami sarankan agar tidak pergi ketempat ini pada saat hujan, karena dikhawatirkan debet air sungai yang naik secara tiba-tiba disamping daerah ini juga rawan dengan longsor.

Jangan lupa membawa kamera karena banyak sekali spot-spot indah disepanjang pertualangan menuju tempat wisata ini.

Demikian informasi tentang air terjun watu lawang Probolinggo, semoga bermanfaat. Mengenai harga dan pemesanan paket wisata Bromo lainnya silakan menghubungi kontak kami.


Air terjun Watu Lawang Probolinggo

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda