Menikmati Keperawanan Air Terjun Umbulan Sukapura Probolinggo

Air Terjun Umbulan Sukapura Probolinggo

Air terjun Umbulan Sukapura Probolinggo. Kawasan wisata gunung Bromo memang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. tak jarang para traveller menyempatkan diri mampir ke gunung Bromo saat berwisata ke Jawa Timur, hanya sekedar menikmati keindahan atraksi Bromo Sunrise yang begitu kondang karena view-nya.

Gunung Bromo sendiri masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dengan dikelilingi berbagai destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan seperti contohnya danau / ranu Kumbolo serta air terjun Madakaripura. tak terkecuali destinasi wisata satu ini yang bisa dikatakan masih perawan karena memang belum banyak wisatawan mengetahui akan keberadaannya. yah,.. sebut saja air terjun Umbulan Sukapura probolinggo.

air terjun umbulan sukapura probolinggo - bromo expedition


Keelokan Air Terjun Umbulan Sukapura Probolinggo

Tempat wisata ini memang masih perawan. Berlokasi di desa Sukapura kecamatan Sukapura kabupaten Probolinggo, destinasi wisata tersebut mempunyai daya tarik utama terletak pada komposisi batuannya yang bervariasi. Memang dapat dikatakan sangat alami, jika bisa membayangkan seolah-olah membawa kita masuk ke zaman purbakala saat berada di area wisata ini.

Letak dari destinasi wisata Umbulan sendiri berada tidak begitu jauh dari kantor kecamatan Sukapura, berjarak kurang lebih setengah kilometer dari kantor tersebut. Tentunya tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi mereka yang menyukai wisata dengan genre petualangan. Hal itu dikarenakan untuk sampai pada tempat wisata tersebut, mengharuskan kita melewati trek yang sulit.

Bagaimana tidak, jalan menuju tempat wisata itu memang sudah dipaving dan cor oleh masyarakat setempat, hanya saja karena pengaruh dari hawa dingin dan cuaca lembab dari pegunungan, membuat jalanan tersebut berlumut dan berjamur serta licin sehingga terlalu berbahaya untuk dilalui.

Walaupun dengan medan berbahaya dan terjal, namun hal tersebut tidak menyurutkan para wisatawan untuk mewujudkan niatnya dan memenuhi hasrat penasaran akan tempat wisata umbulan. Terkadang terdapat pula para pengunjung dari Surabaya, Mojokerto, Jombang dan juga beberapa daerah lain di Jawa Timur. Bahkan beberapa waktu lalu sempat juga ada wisatawan mancanegara yang mencoba mengeksplorasi tempat wisata ini.

Kawasan tersebut memang belum sempat tersentuh oleh pemerintah setempat, oleh karena itu akses menuju kesana pun juga belum terurus. Bahkan untuk parkir saja belum tersedia, hanya beberapa masyarakat setempat mencoba menyediakan lahan parkir bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan destinasi wisata di Probolinggo ini.

Sistem pertiketan tersebut sudah berjalan sejak beberapa bulan terakhir. Tempat tersebut dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Pengelolaannya sendiri masih dilakukan oleh beberapa pemuda desa. “Saat ini masih tahap pengembangan. Untuk melengkapi fasilitas yang belum ada, semacam jalan paving, sambungan listrik, toilet portable dan tenda parkir,” tutur Manda seperti dilansir wartabromo.

Untuk menuju ke tempat wisata tersebut mengharuskan kita melewati dua buah jembatan juga medan menanjak. Ketika jarak sudah dekat dengan spot air terjun, para pengunjung harus turun dengan menggunakan tangga besi berkedalaman sekitar 35 meter. Medan ini tentu sangat berat, terutama bagi pengunjung lanjut usia.

Letak Umbulan Sukapura memang sangat strategis. Berada pada jalur atau arah menuju gunung Bromo dari probolinggo, sehingga salah satu tempat wisata probolinggo itu dapat dikunjungi kapan saja, baik sebelum menikmati kawasan wisata gunung Bromo, ataupun sesudahnya. Hal tersebut bisa menjadi trend positif bagi perkembangan wisata air terjun Umbulan Probolinggo kedepannya nanti.

Rute menuju air terjun Umbulan Sukapura Probolinggo

Untuk bisa menikmati pengalaman seru di air terjun Umbulan Probolinggo anda bisa melalui rute dari terminal Probolinggo silakan mengikuti jalan / arah menuju wisata gunung Bromo kemudian sekitar 500 meter setelah melewati pasar Sukapura, disisi kiri jalan terdapat kantor Telkom dan tepat disampingnya terdapat jalan setapak yang merupakan akses jalan satu - satunya menuju kesana. Atau bisa juga setelah sampai pasar sukapura silakan bertanya kepada penduduk setempat tentang keberadaan tempat wisata ini.

Sedikit tips dari kami, untuk pergi ke lokasi dianjurkan jangan disaat hujan atau habis hujan karena bukan hanya medan yang licin, tapi juga tempat ini masih rawan longsor dan banjir.


Demikian informasi air terjun Umbulan Sukapura Probolinggo, semoga bermanfaat bagi anda. Mengenai harga dan pemesanan paket wisata Bromo silakan menghubungi kontak kami

Air Terjun Umbulan Sukapura Probolinggo

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda