Air Terjun Madakaripura Probolinggo, antara Mitos dan Keindahannya

Air Terjun Madakaripura Probolinggo | Bromo Expedition

Air terjun Madakaripura Probolinggo

Air terjun Madakaripura Probolinggo merupakan salah satu air terjun di Jawa Timur, terletak di Dsn. Branggah, Ds. Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Berada tak jauh dari pusat kota Probolinggo serta berada pada jalur Surabaya - Bromo, Air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter ini memiliki cerita yang pastinya membuat anda terpana lalu penasaran untuk datang ketempat ini, hal tersebut dikarenakan konon dulunya adalah tempat peristirahatan terakhir mahapatih dari Majapahit yang bernama Gajah Mada.

Keindahan objek wisata Madakaripura memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal itu sudah nampak ketika kita berada dalam perjalanan menuju destinasi ini.

Dikanan kiri terlihat pemandangan luar biasa alam pegunungan dengan hawa lembab juga dingin serta hijaunya daun-daun dari pepohonan khas dengan aroma khas pegunungan. Sementara itu tampak dari kejauhan gundukan perbukitan dan lembah yang takkan pernah ada habis sejauh mata memandang.


Mitos Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Madakaripura sendiri merupakan tanah perdikan yang diberikan raja Majapahit kala itu sebagai hadiah atas kerja keras sang mahapatih dalam membela kerajaan dari ancaman musuh dan juga untuk menghargai tekad Gajah Mada dalam mempersatukan Nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan "Sumpah Palapa".
Isi dari sumpah tersebut adalah : "Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tañjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa"
Yang bila diartikan kedalam bahasa Indonesia bahwa Gajahmada tidak akan memakan buah palapa (kemewahan, puasa) sebelum beliau bisa mempersatukan bumi pertiwi (Nusantara). Disebutkan dalam hal ini adalah kerajaan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik dimana beberapa kerajaan tersebut kala itu masih terpecah belah belum bersatu.

Gajah Mada sendiri mempunyai karier dalam perpolitikan Majapahit begitu cemerlang. Pada saat ia berhasil menumpas pemberontakan Ra Kuti, sebagai imbalan maka diangkatlah menjadi Patih, sampai kemudian menjadi patih Amangkubhumi.

Objek wisata Madakaripura sendiri mempunyai sejuta misteri, dimana tempat tersebut memiliki aura mistis yang sudah terasa saat kita memasuki kawasan tersebut. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan membuat bulu kuduk merinding. Tetapi jangan takut, apabila anda memang datang dengan niat baik, maka tidak akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Air Terjun Madakaripura Probolinggo | Bromo Expedition

Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Objek wisata Madakaripura memang memiliki keindahan tiada-duanya. Masih masuk dikawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, destinasi wisata pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 200 meter ini merupakan air terjun paling tinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Berbentuk ceruk dengan dikelilingi oleh bukit-bukit serta seringkali meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan gerimis. Beberapa diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Terkadang jika cuaca sedang cerah dan cahaya matahari bisa masuk ke kawasan tersebut, kita bisa menemukan pelangi dengan indahnya.

Pada air terjun utama akan terlihat tebing dengan bentuk melingkar, dimana jika didalamnya anda akan merasa seperti dalam sebuah botol. Bagaimana? Semakin penasaran? ^_^

Biasanya objek wisata Madakaripura seringkali dijadikan tempat mampir sementara oleh para wisatawan sambil menghabiskan waktu perjalanan dari program tour Bromo. Para wisatawan tinggal bertanya saja pada driver tentang keberadaan objek wisata Madakaripura tersebut, maka mereka pasti mengantar anda sampai tujuan.

Disarankan bagi pengunjung untuk meninggalkan tempat sebelum sore tiba. Dikarenakan sering terjadi hujan pada saat-saat tersebut yang terkadang mempengaruhi debet air secara tiba-tiba disekitar aliran air terjun. Hal tersebut cukup berbahaya, dan memungkinkan kita sulit meninggalkan tempat.

Akses ke Air terjun Madakaripura Probolinggo

Rute dari Surabaya

Rute dari Surabaya bisa langsung menuju ke kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo via jalur Pasuruan-Probolinggo, dari kecamatan lumbang langsung menuju desa Negororejo tempat dimana objek wisata tersebut berada. Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat ketika sampai di pasar Lumbang. Atau lebih mudahnya silakan menyalakan GPS anda.

Rute dari Terminal Bus Antar Kota Probolinggo

Rute ini lebih nyaman karena memang sudah tersedia armada angkutan menuju ke lokasi objek wisata ini, para wisatawan bisa memilih angkutan jurusan Lumbang-Bromo dan turun di kecamatan lumbang lalu pindah angkot menuju lokasi Madakaripura.

Rute dari Bromo

Jika anda sedang melakukan perjalanan tour Bromo, anda bisa menanyakan kepada driver, maka driver akan mengantarkan anda ke tempat tersebut.

Demikian informasi tentang Air Terjun Madakaripura Probolinggo, semoga menjadi referensi anda berwisata ke gunung Bromo Jawa Timur. Mengenai harga dan pemesanan paket wisata Bromo silakan menghubungi kontak kami.

Air terjun Madakaripura Probolinggo

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda