Probolinggo City Tour, Jelajahi Tempat Wisata di Probolinggo

Probolinggo City Tour

Probolinggo City Tour

Probolinggo City Tour. Probolinggo merupakan tempat transit yang menghubungkan ke kota-kota disisi barat, meliputi; Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, dengan kota-kota disisi timur, meliputi; Pasuruan, Malang, Surabaya. Batas Probolinggo kota disisi utara ke Selat Madura serta sisi timur, selatan, barat ke Probolinggo. Kota Probolinggo sendiri berada dalam jalur pantura (pantai utara) pulau Jawa.

Menurut legenda rakyat yang turun-temurun beredar dimasyarakat, penamaan Probolinggo berasal dari Probo berarti cahaya serta Linggo berarti tanda. Dari kedua kata tersebut bisa diartikan sebagai jatuhnya tanda cahaya (meteor) yang digunakan oleh raja-raja kuno sebagai tanda untuk mengadakan pertemuan dalam rangka menciptakan perdamaian juga membawa untuk mengakhiri sengketa.

Kota ini juga dikenal sebagai "kota Bayuangga", merupakan singkatan dari kata bayu (angin), anggur, mangga. Karenanya ikon kota ini adalah anggur serta mangga. Hal tersebut juga dikuatkan dengan adanya bayu (angin) bertiup kencang dari bulan Juli sampai September serta menimbulkan suara menarik, oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan "angin gending".

Tempat Wisata di Probolinggo | Probolinggo City Tour

Disekitar Probolinggo terdapat berbagai tempat wisata menarik diantaranya adalah pulau Gili Ketapang sebagai objek wisata bahari untuk berenang, selancar angin, memancing, berlayar, snorkeling serta diving. Disamping juga destinasi andalan termasuk wisata gunung Bromo sebagai tempat untuk melihat sunrise dipuncak penanjakan 1 Bromo.

Probolinggo juga memiliki air terjun Madakaripura yang memiliki tujuh air terjun serta diyakini sebagai tempat pertapaan terakhir Mahapatih Gajah Mada. Selain itu, terdapat pula Bukit Kembang di Dusun Sapih Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo juga Candi Jabung yang konon didirikan pada 1354. Sementara bagi pecinta olahraga ekstrem terdapat pula arung jeram di sungai Pekalen dengan panjang lintasan 9 kilometer.

Selain itu pantai Bentar juga merupakan tempat wisata di Probolinggo yang menarik karena memiliki fasilitas rekreasi cukup lengkap, terutama untuk anak-anak. Dibelakangnya kita bisa menikmati indahnya pantai Bentar dari atas bukit dimana tempat tersebut dinamakan bukit selfie.


Probolinggo City Tour

Berikut kami sampaikan beberapa tempat wisata di kota Probolinggo yang bisa anda kunjungi dalam rangkaian program Probolinggo City tour diantaranya adalah sebagai berikut.

Museum Probolinggo

Probolinggo City Tour Museum Probolinggo merupakan destinasi wisata Probolinggo yang menawarkan konsep sejarah Probolinggo, terletak di Jalan Kota Probolinggo Suroyo No. 7. Akses ke tempat ini sangat mudah karena berada ditengah kota Probolinggo.

Museum ini berarsitektur khas peninggalan Belanda, dulunya merupakan bangunan Masyarakat yang difungsikan sebagai Gebow Harmony Ballroom (Ball Room), berarti tempat berkumpulnya kaum priyayi Belanda, lalu gedung ini difungsikan sebagai Gedung Serbaguna.

Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1814 serta diresmikan pada 15 Mei 2011. Museum Probolinggo dibuka setiap hari pada pukul 8:00-15:00 WIB.

Gereja Merah (Red Church)

Probolinggo City Tour Gereja Merah (Red Gereja) adalah salah satu situs sejarah dikota Probolinggo. Dibangun pada tahun 1826, Gereja Merah mengalami rekonstruksi bangunan dibagian luar juga bagian dalam bangunan dengan cat berwarna merah menyala. Sampai hari ini gereja tersebut masih digunakan untuk ibadah dan dilindungi oleh pemerintah daerah setempat sebagai situs peninggalan sejarah.

Sebagai situs warisan, Gereja Merah telah menjadi salah satu tempat wisata di Probolinggo. Tempat tersebut biasanya dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin tahu lebih banyak tentang sejarah panjang bangsa serta warisan budaya Probolinggo.

Ada berbagai bentuk peribadatan ibadah serta Injil Kuno berusia ratusan tahun namun masih terpelihara dengan baik. Gereja ini terletak di Jl. Suroyo, berdekatan dengan museum Probolinggo

Tri Dharma Sumbernaga

Probolinggo City Tour Biara Tri Dharma Sumbernaga adalah pusat budaya serta peninggalan sejarah di Probolinggo. Biara tersebut dibangun lebih dari 140 tahun, serta menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi kota Probolinggo.

Ada beberapa atraksi yang biasanya digelar oleh pihak manajer Biara, terutama selama perayaan hari besar keagamaan, seperti Tahun Baru Cina (imlek), Cap Go Mek dengan menyuguhkan tarian Barong Sai serta berbagai jenis tarian lainnya.

Pihak pengelola dari Biara ini tidak mengenakan biaya masuk, tapi pengunjung bisa menyumbangkan sejumlah uang untuk konservasi dan pemeliharaan dari bangunan bersejarah ini. Biara ini buka setiap hari dari pagi sampai siang. terletak di Jl. WR. Supratman, Probolinggo.

Larung Sesaji / Petik Laut

Probolinggo City Tour Larung Sesaji Bumi dan Petik Laut merupakan upacara tradisional masyarakat Probolinggo yang biasanya diadakan setiap 1 Suro (Kalender Jawa). Upacara tradisional masyarakat pesisir ini telah menjadi agenda rutin Probolinggo setiap tahun dan dukungan dengan rangkaian acara seperti contohnya pagelaran wayang sepanjang malam, ruwatan, pertunjukan tari dan melarung berbagai macam sesaji ke laut.

Prosesi adat ini pada dasarnya merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas kelimpahan rahmat bagi semua warga masyarakat kota Probolinggo. Tujuannya adalah agar keberuntungan selalu datang pada setiap tahun dan diberikan keselamatan serta kesehatan bagi masyarakat. Upacara akan diadakan ditempat pelelangan ikan : Jl. Pantai Mayangan - Probolinggo.

PPI Mayangan

Probolinggo City Tour Pelelangan ikan Mayangan merupakan sebuah pasar ikan tradisional, juga merupakan suatu hal menarik bagi para wisatawan. Sama seperti halnya dipasar Mayangan, disini para pengunjung akan menemukan kegiatan transaksi jual beli tetapi hanya satu produk yang ditawarkan yaitu ikan yang masih segar.

Bagian unik dari pasar ini adalah kegiatan pelelangan ikan dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Pasar tersebut terletak dipintu gerbang pelabuhan ikan di Jl. Pelabuhan Baru, Kecamatan Mayangan, Probolinggo.

BJBR (Beejay Bakau Resort)

Probolinggo City Tour BJBR atau BeeJay Bakau Resort merupakan salah satu tujuan wisata buatan di Probolinggo yang memiliki konsep dan kemasan yang sangat luar biasa, baik desain arsitektur bangunan, jalan lay out ke hutan mangrove dan restoran ditengah hutan Mangrove. Tentu saja dengan masih mengoptimalkan potensi hutan mangrove sebagai tujuan wisata.

BJBR akan terus menambahkan fasilitas tempat wisata dengan membangun kawasan bermain, water boom, flying fox dan kolam renang. Dengan menyusuri hutan Mangrove sepanjang sekitar 500 meter, untuk ke depannya BJBR akan terus dengan menambahkan rute lagi dengan dibangunnya resort, ruang pertemuan juga pusat penelitian spesies endemik. Sedangkan untuk lokasinya sendiri berdekatan dengan pelelangan ikan Mayangan di Jl. Pelabuhan Baru, Kecamatan Mayangan, Probolinggo.

Demikian informasi tentang Probolinggo City Tour, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengeksplore dengan ber-city tour ke tempat tempat wisata di Probolinggo. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Probolinggo City Tour

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda